CASTABLE SERVICE

Castable service , kerusakan salah satunya disebut Spalling / Pengelupasan adalah hilangnya fragmen atau spalls dari permukaan Semen Cor Tahan Api melalui retak dan pecah. Dalam berbagai jenis operasi furnace, kondisi service harus dibuat untuk tahan terhadap pengaruh spalling.

Resistensi Semen Cor Tahan Api terhadap spalling ditingkatkan dengan penambahan penghambat spall, desain aplikasi bentuk semen cor tahan api yang tepat, ukuran yang optimal, pemilihan material yang tepat, dan kontrol manufaktur yang ketat. Untuk refraktori tertentu, spalling juga dapat diminimalkan dengan desain, konstruksi, dan pengoperasian tungku yang tepat sehingga dapat mengurangi Castable Service. Spalling dapat dibagi menjadi tiga tipe : Thermal , Mechanical dan Structural.

Untuk informasi Teknik &  Harga  , please contact us  +6281330368945 

MACAM MACAM KERUSAKAN DALAM CASTABLE SERVICE

Thermal Spalling

Kerusakan Bata Tahan Api & Castable

Castable Service – Thermal spalling  ini disebabkan oleh tekanan akibat laju ekspansi atau kontraksi yang tidak sama antara bagian semen yang berbeda dan biasanya dikaitkan dengan perubahan suhu yang cepat. Semen Cor Tahan Api dengan ketahanan terbesar terhadap Thermal Spalling adalah yang memiliki laju rata-rata ekspansi termal terendah, kekuatan tarik tinggi, dan tekstur yang kondusif untuk fleksibilitas dan pengurangan stres. Komposisi ini juga tidak menunjukkan laju muai panas yang tinggi melalui kisaran suhu yang sempit. Faktor lain gradien suhu dan tegangan yang menyebabkan spalling paling tidak merusak pada Semen Cor Tahan Api yang memiliki konduktivitas termal tertinggi. Refraktori dengan komposisi mineral tertentu biasanya akan memiliki ketahanan maksimum terhadap spalling ketika rasio kekuatan terhadap modulus elastisitas adalah maksimum 

Mechanical Spalling

Kerusakan Bata Tahan Api & Castable

Castable Service – Spalling yang disebabkan oleh tegangan akibat tumbukan atau tekanan dikenal sebagai Mechanical Spalling.  semen cor tahan api pecah atau terkelupas dapat disebabkan oleh pengaruh seperti pengeringan cepat pekerjaan bata basah, penyediaan yang tidak memadai untuk ekspansi termal, atau penjepitan ujung bata yang panas, terutama di lengkungan tungku. Semen Cor yang paling kuat dan paling tangguh pada suhu pengoperasian memiliki ketahanan terbesar terhadap spalling mekanis. “Pinch spalling” sering diamati pada lengkungan Semen Cor bermunculan karena ujung Semen cor yang panas lebih mengembang daripada ujung dingin. Kondisi ini diperparah dengan pemanasan yang cepat karena struktur tungku tidak dapat dengan cepat menyesuaikan dengan gaya muai. Ekspansi diferensial dapat menyebabkan konsentrasi tegangan lengkung pada permukaan bantalan yang relatif kecil di ujung dalam bata. Isolasi menurunkan gradien suhu melalui lengkungan atap dan cenderung mengurangi pinch spalling.

Struktural Spalling

Kerusakan Bata Tahan Api & Castable

Castable Service – Structural Spalling disebabkan oleh tegangan yang dihasilkan dari perubahan diferensial dalam struktur unit. Kata “struktural”, seperti yang digunakan dalam konteks ini, tidak mengacu pada tungku atau rakitan lapisan tungku, tetapi pada tekstur atau struktur dari unit refractory individu pada lapisan tersebut.

Structural spalling adalah perubahan yang terjadi pada tekstur dan komposisi bagian Refractory yang lebih panas (hot face) , penyerapan terak atau fluks dan reaksinya dengan refraktori. Perubahan ini dapat mengakibatkan zona di refractory yang berbeda dalam kandungan mineral , sifat kimia dan fisik dari bagian Refractory yang tidak mengikuti perkembangan struktur maka ujung panas dari semen cor dapat terkelupas atau jatuh karena berbagai alasan, termasuk perbedaan dalam ekspansi atau kontraksi termal antara zona yang berdekatan, peningkatan kepekaan terhadap perubahan suhu yang cepat atau adanya retakan susut atau ekspansi.

PREVENTIVE CASTABLE SERVICE 

Preventive Castable Service pada kerusakan Semen Cor Tahan Api yaitu melakukan perbaikan ringan pada lapisan refraktori yang mengalami “kerusakan ringan” saat furnace dalam kondisi berhenti Shut down, untuk mencegah kerusakan yang lebih berat saat Boiler beroperasi.

Preventive Repair bisa dilakukan jika dari hasil inspeksi dan identifikasi di temukan beberapa jenis kerusakan ringan pada beberapa area. Metode perbaikan ini bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut : INSERTING & INJECTING , COATING, serta PATCHING. kontak kami untuk jasa repair refractory .

Untuk informasi Teknik &  Harga  , please contact us  +6281330368945