CASTABLE

Castable adalah salah satu jenis material refractory yang merupakan jenis monolithic refractory. kata monolithic berasal dari kata monolit yang berarti “batu besar”. monolithic adalah bahan yang dimasukkan ke dalam beberapa bentuk cetakan yang akhirnya mengeras untuk membentuk massa padat .

Refractory monolithic adalah istilah yang biasanya digunakan untuk merujuk semua produk refractory yang tak berbentuk. Pangsa pasar dari total Monolithic Refractory dalam industri refractory telah meningkat selama 20 tahun terakhir dan akan terus berlanjut.

TYPE CASTABLE

Berdasarkan typenya monolithic Refractory terdiri dai beberapa golongan yaitu sebagai berikut :

  1. STANDARD DENSE CASTABLE , NEOCAST SC- SERIES   ( KLIK untuk lebih detail ).

Castable | Semen Cor Tahan Api


2LOW CEMENT LCC-SERIES  ( KLIK untuk lebih detail )

Low Cement Castable - LCC


3. SPECIAL CASTABLE FOR REPAIR ( KLIK untuk lebih detail )

MIXGUN TPMIXGUN TP khusus Repair

 


4. INSULATING CASTABLE LWC STANDARD  & MIXGUN LW ( KLIK untuk lebih detail )

Semen Insulating


5. WRP – WEAR RESISTANCE PLASTIC REFRACTORY  ( KLIK untuk lebih detail )

Semen Wear Resistance Plastic


5.  CASTABLE TAHAN ASAM / ACID RESISTANCE  ( KLIK untuk lebih detail )

Semen Tahan Asam | Acid Resistance


Refractory monolitik memiliki banyak aplikasi industri di industri metalurgi non-besi, baja, semen, petrokimia, dan pembuangan limbah. Mereka tersedia dalam berbagai bentuk dan formulasi. Sifat utama dari bahan-bahan ini adalah kelembaman kimiawinya masing-masing, ketahanan Thermal shock pada suhu tinggi, ketahanan abrasi, dan integritas mekanis.

Komposisi Mayoritas formulasi monolithic Refractory  mengandung partikulat refractory besar (agregat), fase pengikat (yang menyatukan partikulat dalam keadaan hijau), dan bahan pengisi halus (yang mengisi celah antarpartikel). Dalam pemilihan castable untuk boiler ada beberapa kriteria yang akan dijelaskan diartikel .

INSTALLATION & CURING CASTABLE

Setelah pemasangan dan curing , refractory monolithic memerlukan jadwal pengeringan (Dry out) yang diatur dengan benar. Hal ini menyebabkan filler, binder, dan aggregate menjadi sinter, menciptakan material yang kuat. Jika jadwal pengeringan tidak terkontrol, maka akan terjadi spalling eksplosif dan material sudah tidak sesuai dengan technical data sheet.

Untuk operator furnace dan Pemasangan Refractory , meledak atau spalling pada lapisan monolithic merupakan resiko yang  besar dan pekerjaan perbaikan serta waktu henti yang terkait dapat menyebabkan kerugian besar , untuk itu dalam pelaksanaan dan perawatan refractory Lining terutama monolithic refractory harus benar benar di awasi dan harus sesuai dengan prosedurenya. maka dari itu untuk inspector refractory dibentuk inspector yang independent dengan sertifikat API 936.

Aplikasi Semen Cor Tahan Api dicampur dengan air dan kemudian dipasang dengan cara memompa atau menuangkan. Getaran dibutuhkan untuk menempatkan material. Semen Cor tahan api yang mengandung semen biasanya dikategorikan berdasarkan jumlah semen yang dikandungnya. Sekitar 15% -30% pengikat semen dapat ditemukan dalam jenis Semen Cor  konvensional.

Dengan munculnya teknologi refractory, bahan kimia tambahan ditambahkan ke dalam kemasan untuk mengurangi jumlah air dan semen yang dibutuhkan oleh produk. Ini menghasilkan material dengan kekuatan dan daya tahan yang lebih baik. untuk Jenis Low Cement  memiliki berat sekitar 3% –10% dari semen. Dan untuk Jenis Low Ultra Cement memiliki komponen semen kurang dari 3%.

Beberapa formulasi Semen Cor Tahan Api dapat dipasang melalui metode Gunning, di mana bahan disemprotkan melalui nosel dengan kecepatan tinggi. Pada nosel, akselerator semen biasanya dipasang untuk mengeraskan material dengan cepat. Melalui metode ini, aplikasi dapat diatur dengan cepat.

jenis Plastic refractory adalah satu jenis Monolithic Refractory dimana bahan refraktori monolitik yang di-temper dengan air dan / atau terintegrasi dengan pengikat. Mereka memiliki plastisitas yang cukup untuk ditumbuk ke tempatnya.

Castable isolasi pada dasarnya adalah monolithic refractory khusus yang digunakan pada aplikasi yang dingin. Mereka diproduksi dari bahan agregat ringan seperti bubble alumina , perlit, vermiculite, extendospheres, dan expanded clay. Isolasi termal adalah fungsi utama Sement Cor ini. Selain itu, Semen Cor isolasi biasanya memiliki konduktivitas termal yang rendah dan kepadatan yang rendah. Mereka memiliki kekuatan mekanik tingkat rendah jika dibandingkan dengan type konvensional.

Untuk informasi Teknik & Harga  , Kontak :  +6281330368945