SEMEN TAHAN API | MORTAR

Mari kita bahas sedikit tentang Semen Tahan Api atau bisa disebut Fire Mortar. Anda mungkin terkejut menemukan ada berbagai jenis mortar yang digunakan membangun atau memperbaiki suatu bangunan atau Tungku. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah bahwa mortar dan Fire Mortar bukanlah hal yang sama.

Semen secara umum adalah agregat dari batu gamping, tanah liat, cangkang, pasir silika dan bahan lainnya. Semen telah ada sejak lama, pada kenyataannya, Romawi menggunakan variasi itu kembali pada abad ke-3 SM. Secara resmi, semen atau “Semen Portland” telah dipatenkan oleh Joseph Aspdin pada tahun 1824 di Inggris. dan digunkan untuk merekatkan bata merah atau sebagainya pada pekerjaan sipil.

Sedangkan Fire Mortar adalah salah satu material refractory yang fungisnya sama dengan semen pada umumnya. sebagai material untuk merekatkan bata. akan tetapi karena Fire Mortar itu material Refractory maka jenis bata yang direkatnya juga material tahan api yaitu Fire Brick atau Bata Tahan Api dan insulation brick , tergantung jenis mortarnya.

TYPE SEMEN TAHAN API | MORTAR

Berdasarkan Fungsi nya untuk jenis material yang digunakan , fire mortar dapat dibedakan sebagai berikut :

FIRE MORTAR | SEMEN BATA TAHAN API  ( KLIK untuk lebih detail )

Semen Tahan Api


 

INSULATING MORTAR | SEMEN BATA ISOLASI  ( KLIK untuk lebih detail )

Semen Tahan Api

 


 

AIR SETTING MORTAR ( KLIK untuk lebih detail )

NEOSET-306


Untuk informasi Teknik &  Harga  , please contact us  +6281330368945 

Dari jenis Fire mortar diatas dapat diketahui bahwa masing masing jenis Fire Mortar diatas diaplikasikan berdasarkan jenis Brick pada material refractory tersebut, jadi pemilihan mortar tersebut jangan sampai salah, karena fungsi masing masing mortar tersebut mengikuti fungsi dari brick yang dipasang juga.

Untuk bentuk nya terdapat dua bentuk, yaitu powder & Pasta . untuk powder pada jenis Fire mortar SM & Insulating Mortar IM, dan untuk Pentuk pasta pada type Air setting Mortar. untuk jenis Powder aplikasikannya ditambahkan dengan air .sedangkan untuk jenis pasta bisa langsung diaplikasikan tanpa campuran apa-apa ( Ready to use).

Yang membedakan spesifikasi mortar diatas jika ditest adalah komposisi materialnya. sehingga bisa berbeda beda temperature dan kekuatannya..Komposisi Mortar tahan api adalah campuran semen, pasir, fireclay, dan bahan khusus lainnya seperti kalsium aluminat. Fireclay adalah sekumpulan berbagai lempung yang dapat menahan panas hingga 3.000 derajat Fahrenheit. Anggap saja ini sebagai tanah liat yang memiliki sifat tahan panas khusus. Fireclays digunakan dalam konstruksi batu bata api dan merupakan bagian dari alasan batu bata api dapat menahan panas yang tinggi. Ada standar yang mengatur apakah mortar tahan api atau tahan panas tinggi, seperti ASTM C-199.

FUNGSI SEMEN TAHAN API | FIRE MORTAR

Fire Mortar tidak jauh berbeda dari Portland Semen , ia adalah material yang digunakan untuk sebagai perekat atau jointing Brick hanya Brick yang digunakan ini adalah jenis material Refractory Juga.

Fire Mortar ini berbeda dengan Portland semen yang diaplikasikan bersama Air , Pasir dan sebagainya, fire mortar ini bisa langsung digunakan hanya dengan ditambah air atau untuk jenis yang Air Setting Mortar bisa langsung digunakan tanpa campuran apa apa (ready to use ).

Fire Mortar ini berbeda dengan Castable, Castable bisa berdiri sendiri dan kuat . Mortar hanya digunakan untuk merekatkan batu dan bata. maka dari itu Fire mortar  Itu tidak sekuat castable dan tidak boleh digunakan untuk pekerjaan struktural.

Secara logis, mortar tahan api harus digunakan dimanapun yang akan terkena suhu yang sangat tinggi. Ini masuk akal, namun kami berulang kali melihat kegagalan di bagian tertentu dari cerobong asap dan Furnace karena Aplikator tidak menggunakan jenis mortar yang tepat untuk aplikasinya. jadi jika Anda menggunakan fire mortar yang telah teruji dan tahan api dalam konstruksi Furnace , tungku, dan lain sebagainya , serta dalam pengisian (pelapisan) area ruang bakar, dan dalam pengaturan lapisan Refractory cerobong, yang diinginkan adalah semen dan bahan-bahannya tidak dapat larut dalam air, di mana calcium aluminate ini yang utaman . calcium aluminate binder ini dipasang secara hidraulik dan memenuhi persyaratan ini. Tanpa calcium aluminate atau sejenisnya, seseorang dapat membangun cerobong asap dan bahkan jika cerobongnya kuat akan tetapi jika kemudian terkena kelembapan, maka sambungan ini akan melunak atau hilang.

Pemilihan Jenis Semen Tahan Api | Fire Mortar memegang peranan penting dalam aplicationnya. untuk itu sebelum diaplikasikan perlu diketahui equipment dan proses kerjanya , antara lain temperature , system proses nya, dan sebagainya. jadi pemilihan mortarnya tidak salah pilih dan sesuai aplikasinya. serta yang tidak kalah penting adalah maintenance pada lapisan mortar tahan api yaitu ada kalanya perlu di cek saat pemanasan awal ( Dry out ) pemasangan fire brick dengan fire mortar kadang kalanya mortar tahan api ini lepas , diusahakan setelah proses dryout untuk dilakukan inspection ulang jika terjadi pada lapisan mortar tersebut lepas maka perlua di insert dan di inject supaya tidak ada panas yang keluar atau tembus melalui lubang mortar tersebut .

Untuk informasi Teknik &  Harga  , please contact us  +6281330368945