CARA MENGGUNAKAN PLASTIC REFRACTORY

Dalam Cara menggunakan Plastic Refractory Material perlu di ketahui yang pertama adalah semua plastic refractories pada umumnya sangat sensitif terhadap humidity. Maka dari itu harus disimpan di tempat yang kering dan terhindar dari sinar matahari secara langsung atau pada tempat yang suhu ruangannya bekisar 25° ± 5° C dengan humidity 60 ± 10 %. Dan diusahakan ditempat yang tertutup dan beralaskan kayu atau palet sehingga aman dari hujan atau genangan air. Kondisi saat pengiriman juga wajib diperhatikan diantaranya minimal menggunakan palet dan di wrap plastik serta diikat dengan strapping plastic sehingga  aman saat proses delivery.

Apabila material sudah melampui masa simpan yang tercantum dalam kemasan, maka perlu dilakukan pengetesan Physical Properties sebelum material digunakan untuk memastikan material masih layak digunakan. Untuk Material Plastic refractory pada umumnya berbentuk Clay atau Tanah Liat jadi tidak perlu mengunakan campuran material lain dalam aplikasinya ( Ready to use ) jadi untuk aplikasi tidak perlu menggunakan Air atau Chemical seperti jenis Castable | Monolithic material . Keunggulan material ini dikarenakan tidak terdapat campuran air maka material ini dapat digunakan langsung pada kondisi yang vertikal atau mengantung diatap tanpa menggunakan Formwork atau Bekisting. untuk lebih jelas mengenai material ini bisa kontak kami. 

Untuk informasi Teknik &  Harga  , KONTAK  +6281330368945

PERSIAPAN-PERSIAPAN CARA MENGGUNAKAN PLASTIC REFRACTORY

Langkah persiapan dalam proses installation Plastic Refractory Material adalah sebagai berikut :

  1. PERALATAN
    • Air rammer, yang digunakan untuk menumbuk material ramming refractory.
    • Kompresor udara, yang dapat menyuplai udara bertekanan ke sejumlah rammer yang digunakan.
    • Manifold udara bertekanan, untuk menghubungkan kompresor udara ke beberapa alat rammer.
    • Palu untuk hand ramming, bisa terbuat dari baja atau aluminium dan karet bila pekerjaan dilakukan di sekitar boiler tube.
    • Scraper, untuk membuat permukaan refractory menjadi kasar.
    • Trowel, untuk menyayat Neoram-ramming refractory yang melebihi formwork atau ketebalan dari lapisan ramming refractory.                                                                                                                                                                                                Cara Menggunakan Plastic refractory
  2. Pastikan permukaan yang akan dilapisi Plastik Material material bersih dari berbagai kotoran, debu, oli , dan kontaminan lainnya. Jika terdapat back-up lining, pastikan juga permukaan back-up lining dimana Plastik Refractory akan dipasang harus halus, tidak ada celah lebar maupun retak dan telah dibersihkan secara menyeluruh.
  3. Harus diperhatikan untuk mencegah air kontak dengan Plastik Material selama pemasangan berlangsung.
  4. Plastik refractory biasanya dapat dipasang tanpa formwork dan dengan formwork dan/atau anchor diperlukan. Formwork diperlukan untuk area yang berbentuk arch, suspended roof, dan dinding yang miring kedalam. Bekisting harus diperkuat dan terbuat dari bahan yang kuat untuk mencegah pergerakan, bending, atau getaran saat material dipasang. Anchor diperlukan saat pemasangan dilakukan pada area atas atau atap.
  5. Anchor, baik metallic anchor maupaun ceramic anchor/anchor brick diperlukan untuk menahan dan menopang lapisan pada dinding atau struktur baja dan penggunaan anchor memungkinkan untuk memperbaiki satu bagian tanpa mempengaruhi bagian yang berdekatan. Metalic anchor tidak boleh digunakan dalam situasi kontak dengan logam cair.

PROSEDUR CARA MENGGUNAKAN PLASTIC REFRACTORY

Dalam prosedure aplikasi Plastic Refractory material , perlu diperhatikan langkah langkah sebagai berikut : 

  1. Pastikan anchor terpasang dengan baik sesuai engineering design pada dinding yang telah ditetapkan.
  2. Letakan potongan Plastik Refractory material  kedalam formwork hingga ketebalan penuh dari lapisan refractory bagian dinding dan ramming secara merata dengan menggunakan pneumatic rammer.
  3. Pada saat ramming, perlu diperhatikan arah proses ramming sesuai ilustrasi berikut :Cara Menggunakan Plastic Refractory
  4. Gerakan rammer kedepan dan kebelakang searah ketebalan dinding, dan geser kesamping untuk melakukan proses ramming selanjutnya.
  5. Ketika ketebalan ramming lebih besar dari 50 mm, tekanan yang diberikan oleh rammer tidak sampai ke lapisan paling bawah.

Dalam melakukan  pllllrosedur pemasangan plastic refractory yang tidak kalah penting adalah mengikuti prosedur keselamatan dan kesehatan kerja yang telah ditentukan dan melakukan pekerjaan secara aman dengan mentaati peraturan yang berlaku selama proses pekerjaan berlangsung , antara lain adalah sebagai berikut ..

  1. Pastikan ijin kerja telah dibuat sesuai dengan deskripsi pekerjaan
  2. Semua potensi bahaya yang berhubungan dengan pekerjaan harus diidentifikasi dan diamankan/ dihilangkan.
  3. Peralatan, perlengkapan dan perkakas harus dalam kondisi baik dan digunakan sesuai dengan peruntukannya.
  4. Posisi tubuh saat bekerja harus diperhatikan untuk menghindari kecelakaan dan cidera.
  5. Pastikan Alat Pelindung Diri (APD) yang dibutuhkan digunakan dengan baik selama melakukan pekerjaan.
  6. Dalam Setiap langkah cara menggunakan Plastic Refractory material , selalu Ikuti prosedur kerja aman dengan benar dan wewenang menghentikan pekerjaan (stop working authority) haru diterapkan apabila melihat rekan kita melkaukan pekerjaan yang kurang aman.

Untuk informasi Teknik &  Harga  , KONTAK  +6281330368945